rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

PINTAR MATEMATIKA

Banyak sekali cara yang dapat membuat belajar matematika menjadi lebih mudah. Sebenarnya matematika tidak sulit, kok. Dengan berbagai cara yang akan diulas di bawah ini, kamu akan dapat merubah mindset tentang proses belajar matematika, dan pada akhirnya kamu akan merasa bahwa belajar mata pelajaran matematika itu sebenarnya sangat mudah sekali. PERHATIKAN tips dan trik dibawah ini;

1.KONSISTENSI DALAM BELAJAR
Konsistensi adalah hal yang sangat penting dalam berbagai hal, tak terkecuali dalam belajar. Ketika belajar, memang hendaknya kita tidak perlu berlama-lama. Namun, akan lebih baik jika kita lebih konsisten dalam belajar. Jika kamu pernah mendengar sebuah istilah yakni SKS (Sistem Kebut Semalam) yang mengharuskan kamu untuk belajar semalam sebelum ulangan atau ujian. Nah, kamu perlu menghindari cara belajar yang seperti ini. Selain tidak efektif, kamu akan menjadi mudah lelah karena hal tersebut akan membuat kamu belajar semalaman, sehingga menguras jam istirahatmu


2.MEMAHAMI SOAL DAN CARA MENGERJAKANNYA
Memahami adalah hal yang sangat penting, termasuk untuk memahami sebuah soal matematika. Kita tahu bahwa setiap soal matematika telah di desain sedemikian rupa oleh pembuatnya dan akan selalu ada jawabannya. Nah, tugas kamu adalah mencari rumus dan proses yang tepat untuk menjawab setiap soal tersebut. Perlu diketahui bahwa untuk menjawab soal matematika, kamu tidak hanya dituntut untuk menjawab soal tersebut secara benar, namun kamu juga diharuskan melewati proses pengerjaan secara runtut dan juga tepat. Akan sangat rancu jika kamu mendapatkan jawaban yang benar namun ternyata proses menjawabnya tidak benar. Selain melatih fokus, kamu dituntut juga untuk melatih kesabaran saat mengerjakan matematika.

3.BERLATIH BERSAMA TEMAN
Iya, berlatih mengerjakan soal matematika bersama teman sekolah secara terus-menerus akan menambah daya ingat kamu ketika mendapatkan soal matematika yang sama di sebuah ulangan atau ujian. Bersama teman-teman, maka kamu akan belajar dengan lebih ceria dan pastinya lebih semangat. Semakin kamu dan teman-teman berlatih menyelesaikan soal-soal matematika, maka kamu dan teman-teman akan semakin menemukan berbagai variasi soal dan cara mengerjakannya.

4.TIDAK MALU BERTANYA
Salah satu hal yang menjadi kendala dalam belajar matematika adalah adanya rasa malu saat bertanya kepada guru atau kepada teman yang lebih tahu. Padahal, rasa malu akan sangat merugikan diri kamu sendiri. Sebenarnya tidak ada salahnya bertanya kepada seseorang yang lebih tahu. Kamu bisa mulai bertanya tentang matematika kepada kakakmu, atau mungkin Bapak dan Ibu. Mulai saat ini, beranikan diri untuk bertanya tentang sesuatu yang belum kamu pahami.

5.PELAJARI KEMBALI MATERI DARI SEKOLAH
Setelah pulang sekolah dan makan siang dirumah, ada baiknya bila kamu mereview kembali materi mata pelajaran matematika yang dipelajari saat di sekolah tadi. Dengan mengingat-ingat materi matematika yang tadi diajarkan di sekolah, maka akan membuat kamu menjadi tidak mudah lupa tentang materi yang telah diajarkan tadi.

SUMBER: https://www.teen.co.id/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar