rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

4 Kesalahan yang Telah Mengubah Dunia



 Banyak orang yang masih takut akan menghadapi kegagalan sehingga tidak berani bermimpi karena takut risiko. Padahal, banyak orang sukses di dunia yang membuktikan bahwa kegagalan hanyalah sebuah proses dan langkah yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah kesuksesan sejati.

Tahukah Anda ada beberapa penemuan yang telah mengubah dunia, yang tidak sengaja dibuat karena sebuah kesalahan/kegagalan penciptanya? Berikut 4 penemuan yang tercipta karena sebuah kesalahan.

1. Sabun berbusa
Pada awalnya, sabun mandi diciptakan tidak memiliki busa. Namun, kejadian di tahun 1879 mengubah semuanya. Seorang pekerja di sebuah pabrik penghasil sabun terbesar, Proctor, lupa mematikan mesin ketika istirahat makan siang. Alhasil, sabun yang tercipta menjadi bercampur dengan unsur udara. Namun, karena setelah proses pemeriksaan tidak ada perubahan yang signifikan, maka sabun ‘gagal’ tersebut tetap dijual kepada konsumen. Sabun tersebut kemudian menghebohkan masyarakat karena menghasilkan busa ketika digosok. Hal ini sangat disukai oleh konsumen, sehingga permintaan pasar melonjak tinggi. Sabun ‘salah cetak’ itu kemudian diberi nama Ivory oleh perusahaan tersebut.

2. Alat bantu jantung
Sebuah inovasi yang paling berpengaruh dalam dunia medis adalah alat bantu jantung. Namun, tahukah Anda bahwa penemuan alat bantu ini mengalami sebuah kesalahan? Alat bantu jantung pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuwan bernama Paul Zoll di tahun 1952. Pada awalnya, alat ini sangat mengundang kekaguman, namun salah satu kekurangannya adalah efek samping yang diciptakan, yaitu membakar kulit dan rasa sakit. Berbagai penelitian pun dilakukan untuk mengatasi efek samping ini. Suatu hari, seorang peneliti, Wilson Greatbatch, sedang meneliti pasiennya dengan menggunakan alat tersebut. Namun, tanpa sengaja ia memasangkan resistor yang berbeda ukuran dari biasanya. Ternyata, kesalahan tersebut malah memberikan nafas segar bagi para peneliti. Alat tersebut justru mempunyai pola yang lebih baik terhadap jantung. Penelitian mengenai kesalahan tersebut terus dilanjutkan sehingga menghasilkan alat bantu jantung yang lebih praktis dan aman bagi tubuh.


3. Ban karet
Dahulu, menemukan ban karet yang berkualitas sangat sulit, karena karet sebagai bahan utamanya. Karet biasa tidak tahan dengan panas dan dingin. Sehingga berbagai penelitian pun dilakukan. Seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear berupaya untuk membuat karet yang tahan dengan suhu panas maupun dingin. Suatu ketika, saat beristirahat, Charles Goodyear tidak sengaja menumpahkan karet dan cairan zat sulfur ke dalam kompor panas. Kejadian tersebut justru membuat karet lebih tahan panas dan dingin. Setelah kejadian ini, Goodyear pun terus melakukan penelitian berlanjut. Akhirnya, ban karet yang tahan pun tercipta. Goodyear kini menjadi perusahaan produsen ban ternama di dunia.

4. Post-It
Siapa yang tidak kenal produk Post-It? Produk ini sangat digemari oleh pelajar maupun pelajar. Stiker penempel memo ini menarik perhatian dengan warna-warni serta berbagai inovasinya. Padahal, Post-It tercipta karena sebuah kegagalan dari seorang pekerja di perusahaan 3M, Spencer Silver. Silver mendapat tugas untuk membuat lem yang sangat kuat. Namun, ia selalu gagal dan akhirnya lem tersebut dibiarkan begitu saja karena dianggap produk gagal. Suatu ketika, rekannya yang ebrnama Arthur Fry ingin menandai buku nyanyiannya, tetapi pendanda tersebut selalu lepas. Akhirnya, dengan bantuan lem buatan Silver yang merupakan ‘produk gagal’, Fry menandai bukunya dengan kertas yang dilem tanpa membuat lem merusak kertas. Sehingga lahirlah ide untuk memproduksi Post-It yang sangat digemari dan memiliki nama di dunia.

Bagaimana? Masihkah Anda takut untuk mencoba dan gagal? Sesungguhnya masih banyak lagi penemuan dan keajaiban yang mengubah dunia yang tercipta karena sebuah kesalahan. Pada awalnya, temuan-temuan tersebut dianggap sebagai sebuah ‘produk gagal’, namun apa yang terjadi ketika justru temuan tersebut berhasil mengubah dunia menjadi lebih baik?

Salam Sukses..GO…GO..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar